Pengertian Peran Guru Dalam Pembelajaran

Peran guru dalam Pembelajaran

Peran seorang guru adalah menggunakan instruksi dan presentasi di kelas untuk membantu siswa belajar dan menerapkan konsep seperti matematika, bahasa Inggris, dan sains. Para guru menyiapkan pelajaran, membuat kertas nilai, mengelola kelas, bertemu dengan orang tua, dan bekerja sama dengan staf sekolah.

Namun, menjadi seorang guru jauh lebih dari sekadar menjalankan rencana pelajaran. Di dunia sekarang ini, mengajar adalah profesi yang beragam; guru sering membawa peran orang tua pengganti, disiplin kelas, mentor, penasihat, pembukuan, model peran, perencana, dan banyak peran terkait lainnya.

 

Guru sekolah dasar memainkan peran penting dalam pengembangan siswa. Apa yang dipelajari siswa di tahun-tahun formatif mereka dapat membentuk pria dan wanita seperti apa mereka nantinya.

Sebagai Orang Tua Ketiga

Peran seorang guru jelas lebih dari sekadar merencanakan dan melaksanakan rencana pelajaran. Dalam beberapa hal, karena guru menghabiskan begitu banyak waktu dengan siswa, ia dapat menjadi orang tua ketiga siswa. Guru dapat menjadi panutan positif yang konstan bagi siswa mereka, terutama untuk anak-anak yang tidak memiliki fondasi keluarga yang kuat.

Tentu saja, peran guru sebagai semi-orangtua sangat tergantung pada usia dan tingkat anak-anak yang mereka ajar. Guru taman kanak-kanak mengembangkan keterampilan dasar pada anak-anaknya yang diperlukan untuk unggul dan maju ke tahun berikutnya, sementara seorang guru di kelas menengah mengajarkan informasi spesifik tentang mata pelajaran tertentu.

Peran guru saat ini sangat berbeda dari sebelumnya. Guru pernah mengeluarkan kurikulum khusus untuk mengajar, dan serangkaian instruksi tentang cara mengajarnya, menggunakan metode yang sama untuk semua siswa. Di dunia sekarang ini, peran guru sangat beragam. Tugas mereka adalah membimbing siswa, membantu mereka belajar bagaimana menggunakan pengetahuan mereka dan mengintegrasikannya ke dalam kehidupan mereka sehingga mereka akan menjadi anggota masyarakat yang berharga. Guru didorong untuk mengadaptasi metode pembelajaran dengan pembelajaran setiap siswa, untuk menantang dan menginspirasi mereka untuk belajar.

Profesi mengajar modern juga tentang mengambil peran yang lebih luas untuk mempromosikan pendidikan. Guru sering:

   ✓ Bekerja dengan politisi, kolega, dan anggota masyarakat untuk menetapkan standar yang jelas dan dapat diperoleh bagi siswa mereka;
    ✓ Berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang membantu mengatasi masalah yang memengaruhi pembelajaran siswa; dan
   ✓ Bimbinglah para guru baru untuk mempersiapkan mereka untuk mengajar kaum muda dewasa ini.

 

Tugas Guru

 

Tugas guru sekolah dasar meliputi:

   ✓ Merencanakan pelajaran yang mengajarkan mata pelajaran tertentu, seperti matematika, sains, dan bahasa Inggris;
   ✓ Mengajar pelajaran dalam konfigurasi seluruh kelompok atau kelompok kecil;
    ✓ Menilai dan mengevaluasi kemampuan, kekuatan, dan kelemahan siswa;
    ✓ Mempersiapkan siswa untuk ujian standar;
    ✓ Mengkomunikasikan perkembangan siswa kepada orang tua;
    ✓ Mengembangkan dan menegakkan aturan ruang kelas;
    ✓ Mengawasi anak-anak dalam kegiatan ekstrakurikuler (seperti makan siang, taman bermain);
    ✓ Melakukan kegiatan di dalam kelas; dan
   ✓  Merencanakan kunjungan lapangan.

 

Standar Guru

 

Di Indonesia, standar untuk guru ditentukan oleh undang-undang negara bagian dan federal dan didukung oleh organisasi guru negara dan nasional seperti Asosiasi Pendidikan Nasional dan ikatan guru di Indonesia.

Kesimpulan :
Tugas kerja guru itu berat. Namun kegagalan seorang siswa adalah juga kegagalan seorang Guru.

Pos-pos Terbaru

Aries Written by:

Seorang Blogger Peduli pendidikan untuk anak Bangsa

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *