Program dan Kurikulum Pendidikan Karakter

Program dan Kurikulum Pendidikan Karakter- Karakter merupakan sifat, watak dan ahlak ataupun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu lainnya. Atau karakter juga dapat dikatakan dengan keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu, yang membedakan dirinya dengan yang lain.

 

Beda Karakter dan Kepribadian

Pada awalnya manusia itu yang lahir hanya membantu personality atau yang bisa kita sebut kepribadian. Setiap kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, baik itu pada aspek sosial dan masing-masing pribadi. Kepribadian orang secara umum dibagi menjadi 4 yakni Koleris, Melankolis, Sanguin dan Plegmatis.

Serta dapat memunculkan kebiasaan hal yang positif, inilah yang dinamakan dengan karakter. Misalnya salah satu contoh lainnya adalah, ada teman yang suka bercanda dan terkesan yang tak serius, kemudian sadar dan membawa dirinya untuk bersikap serius dalam hal situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus.

Pada dasarnya, perkembangan seorang anak dalam hal pengembangkan pemahaman yang benar tentang bagaimana dunia ini bekerja, mempelajari aturan main segala aspek yang ada didunia ini. Lingkungannya yang berkarakter dapat menumbuhkan anak menjadi pribadi yang berkarakter.

Adapun untuk cara mendidik anak agar berkarakter ada tiga meliputi :
Pertama ubah lingkungannya, melakukan pendidikan karakter dengan menggunakan cara menata peraturan dan konsekuensi di rumah maupun disekolah.

Kedua memberikan pengetahuan, memberikan pengetahuan bagaimana melakukan perilaku yang diharapkan untuk muncul dalam kesehariannya serius langsung diaplikasikan.

Ketiga kondisikan emosinya, emosi manusia adalah kendali 88lam kehidupan manusia. Jika anda mampu menyentuh emosinya dan memberikan informasi yang tepat maka informasi tersebut akan menetap dalam hidupnya.

Karakter yang perlu ditumbuhkan dan dibentuk :
• Hormat dan Santun
• Kepemimpinan dan Keadilan
• Baik dan Rendah Hati
• Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
• Kemandirian dan Tanggung Jawab
• Kejujuran atau Amanah, Diplomatis
• Dermawan, Suka Tolong Menolong

 

Contoh program Kurikulum Pendidikan Karakter :

 

1. Training Guru


Pertama adalah terkait dengan program pendidikan karakter yang ada disekolah, bagaimana untuk menjalankan dan melaksanakan pendidikan karakter di sekolah, serta bagaimana cara menyusun dan melaksanakan program tersebut dari gagasan ke tindakan.

 

Pada program ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru tentang psikologi anak, cara mendidik anak dengan menggunakan cara mekanisme pikiran anak dan 3 faktor kunci untuk menciptakan anak sukses. Serta kita praktis dalam memahami untuk mengatasi anak yang bermasalah dengan perilakunya.

 

2. Program Kurikulum Pendidikan Karakter


Memberikan sistem pengajaran dan materi yang lengkap untuk satu tahun pelajaran serta detail sekolah dan materi untuk orang tua murid. Materi ini telah dilakukan uji coba selama 5 tahun, disamping itu dalam program ini ada training khusus untuk para guru.

 

Training yang dikhususkan untuk guru ini dikhususkan agar menciptakan sukses pendidikan karakter disekolah. Disamping pemberian mater yang advance” dari program training guru.
Karena disini para guru akan diberikan pelajaran aspek psikologi manusia, yang intinya bukan hanya anak tapi juga untuk diri sendiri dan memberikan nilai-nilai kehidupan baik yang ada pada dirinya.

 

3. Program Bimbingan Mental


Yang ketiga yakni Workshop Therapy ini ditujukan untuk siswa usia 12 -18 tahun. Dalam Workshop ini memiliki tujuan untuk membimbing mental anak usia remaja. Workshop ini bekerja sebagai mesin perubahan instant, maksud instant ini adalah setelah anak mengikuti program ini akan berubah menjadi anak yang lebih positif.

 

Sesi seminar khusus orang tua siswa ini bertujuan membantu orang tua untuk mengenali anaknya dalam memperlakukan anak agar lebih baik, agar anak lebih sukses dalam kehidupannya. Dalam seminar ini orang tua akan belajar pengetahuan dasar yang sangat bagus untuk mempelajari berbagai teori psikologi anak dan keluarga.

Pos-pos Terbaru

Aries Written by:

Seorang Blogger Peduli pendidikan untuk anak Bangsa

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *